Kamis, 07 Januari 2010

Tips DAPUR BERSIH



image : http://www.indonesia-property.com/
sumber: Dwi/ Nova 2/11/2003

1. Menjinakkan Noda di Lantai


Untuk membersihkan noda, campur air dan hidrogen peroksida dengan perbandingan 50 : 50.
Lalu masukkan ke botol penyemprot. Semprotkan ke lantai yang benoda dan biarkan 30 menit. Jika masih kotor, gosoklah noda dengan baking soda. Tapi ingat, jangan gunakan cara ini untuk membersihakan permukaan meja yang terbuat dari marmer. Kotoran di marmer sebaiknya dibersihkan sebelum kering.

Semen di permukaan ubin sering menimbulkan masalah tersendiri. Semen menyerap secara alami. Satu2nya cara, bersihkan segera kotoran di ubin. Campuran hidogen peroksida dan air bisa digunakan, tapi bukan untuk ubin berwarna karena bisa luntur. Untuk ubin berwarna, taburkan saja serbuk kapur selama sejam. Lalu bersihkan serbuk dari ubin. Ulangi lagi jika noda masih membandel.

2. Peralatan Stainless Stell

Musuh utama stainless steel adalah goresan. Celakanya, goresan tak dapat dihilangkan. Jadi, satu2nya jalan harus dicegah. Untuk membersihkan sisa makanan gosong, tuangkan saja air mendidih pada permukaan alat. Biarkan beberapa menit. Selain itu, cukup gunakan api sedang saat memasak. membiarkan rebusan air sampai kering juga dapat merusak peralatan yang terbuat dari stainless steel
image : http://kitchencookwar-e.com

3. Kulkas
Bau tak sedap dari kulkas disebabkan oleh partikel makanan yang disimpan di dalamnya.
Cara membersihkannya, usapkan sabun mandi cair di permukaan dinding kulkas. Untuk membersihkan noda, perlu campuran 2 sdm baking soda, 1/4 cankir cuka dan 1/4 gls air.
Campuran tsb. selain bisa melenyapkan noda, mampu menghilangkan bau tak sedap. Jika masih bau juga, jangan2 freon kulkas yang suda bocor.

4. Kompor dan Oven

Untuk membersihkan kompor, yang pertama dilakukan adalah melepaskan rangka tungku dan membersihkannya dengan deterjen.Untuk noda minyak, bersihkan dengan sedikit air dan baking soda. Keringkan setelah bersih. Jangan se-kali2 menggunakan abu gosok atau sikat kasar untuk membersihkan kompor
Untuk oven, bersihkan bercak2 sisa makanan dengan garam dan busa, Saat oven sudah dingin, bersihkan oven dengan lap lembab lalu keringkan.
5. Bak Cuci

Karena tugasnya untuk membersihkan makanan atau alat makan, sejatinya bak cuci menjadi bagian yang paling bersih, Namun tak jarang, dengan perawatan yang ceroboh, makanan sisa tersangkut disaluran pembuangan. Akibatnya, bak cuci justru menjadi tempat bersarangnya kuman dan penyakit.

Keran yang biasanya terbuat dari krom dapat dibersihkan dengan air sabun. Keran kotor akibat menumpuknya sisa sabun. Setelah dicuci dengan sabun, bilas dengan air, lalu keringkan dengan lap. Untuk mencucinya, sikat gigi bekas sangat efektif karena mampu menjangkau semua bagian keran. Bak cuci pun perlu dibersihkan

Jika terbuat dari fiberglass, jangan gunakan pembersih yang keras. Campuran baking soda dan air dapat disikatkan pada permukaan bak cuci., lalu gosok dengan busa lembut, bilas, lalu keringkan dengan lap.

Jika bak cuci dari keramik atau stainless steel, hindari pemakaian cairan asam sebagai pembersih karena dapat menghilangkan kilap keramik. Cukup gunakan air hangat yang dicampur deterjen, Usai mencuci, bilaslah selalu dengan air bersih. Cara yang sama juga dapat dilakukan saat membersihkan bak cuci dari stainless steel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar