Sabtu, 09 Januari 2010

Aneka TIPS

Kumpulan tips dari sana-sini :


- Berapa banyak air jeruk yang dihasilkan dari 1 buah jeruk? Dari 1 buah jeruk sedang akan didapat 1/4 cup air jeruk.



- Untuk mencegah terjadinya goresan pada panci atau wajan anti-lengket, letakkan kain cempal diantar panci/penggorengan tadi saat Anda menumpuknya untuk disimpan di lemari.



- Agar piring, panci, pinggan yang akan dimasukkan dalam oven mudah dicuci dan bersih setelah digunakan, sebaiknya sebelum meletakkan makanan atau adonan yang akan dipanggang bungkus lah terlebih dahulu piring atau pinggan tadi dengan kertas aluminium foil.

- Pisau pemotong pizza dapat menjadi sebuah alat perlengkapan dapur yang serba guna dan tidak hanya untuk pizza.Gunakan untuk menghilangkan pinggiran roti saat membuat sandwich anak-anak, memotong sandwich akan lebih mudah menjadi empat bagian dengan sempurna, memotong pancake, dan sebagainya. Roda-roda gerigi yang tajam di pisau pizza membuat potongan lebih cepat dan mudah dibandingkan menggunakan pisau biasa.



- Jika Anda mencoba resep masakan yang baru, ikuti menurut  petunjuk resep yang ada. Jika setelah dicicipi mungkin ada rasa yang kurang menurut selera Anda, tambahkan bumbu tadi di catatan buku resep. Tulis di bagian kanan atau bawah resep.Dengan cara ini Anda akan mendapatkan rasa yang pas jika membuat masakan itu lagi.




- Agar gula tidak menggumpal atau berubah jadi keras, masukan kelereng kedalam wadah penyimpan gula tadi.










- Untuk menghindari keju menjadi keras, sebelum disimpan di lemari es sebaiknya oleskan ujung-ujungnya terlebih dahulu dengan mentega.

- Kontrol porsi makanan anak agar tak berlebihan, jika memberi makan pada anak perhatikan porsinya. Jangan memberikan porsi yang sama seperti ukuran orang dewasa. Berikan 1/4 atau 1/3 ukuran orang dewasa. Toh, kalau ia masih merasa lapar, anak bisa minta tambah dari pada Anda harus membuang makanan yang tak dihabiskannya.


- Agar selera makan anak Anda semakin besar, coba olah makanan dengan bentuk unik yang menarik minat atau seleranya. Misalnya telor dadar dipotong menjadi segitiga, sandwich dipotong kecil segi empat, buah-buahan disajikan dalam bentuk lingkaran atau sebagainya. Selain menggugah selera, anak juga bisa sekaligus bisa belajar mengenai aneka bentuk dan penjumlahan.



- Agar berbagai macam minuman dan punch yang akan disajikan tampak lebih menarik, tambahkan es batu kecil-kecil yang telah diberi hiasan bunga, bumbu dapur, juga buah-buahan. Caranya, cari bunga/buah organik yang bebas dari pestisida. Cuci bersih sisakan satu helai daun atau tangkainya kemudian taruh satu per satu didalam wadah pembuat es batu. Setelah membeku, es berhias tersebut siap digunakan. Cemplungkan ke dalam gelas/mangkuk berisi minuman atau punch.


- Jika membeli sebuah barang dan akan menyimpannya ke dalam lemari, biasanya label masih menempel di barang tersebut. Kalaupun terlepas, masih ada sisa lem yang merekat dengan kuat.Untuk membersihkannya, ambil cuka putih, gosok pada sisa-sisa lem.Tak akan ada lagi sisa lem yang menempel.


- Agar jagung manis tetap segar, biarkan ditempat terbuka untuk beberapa saat baru kemudian rendam di dalam air dingin selama 1 jam sebelum disimpan di dalam lemari es. Saat akan diolah, masaklah dengan cepat dengan api besar sehingga rasa manis di jagung tidak menguap.





- Tomat segar bisa bertahan lebih lama jika Anda menyimpannya bersama dengan batang dan taruh dengan posisi tangkai di atas.







- Agar bau ikan tidak jadi amis dan tetap segar pada waktu dikeluarkan dari freezer, cairkan dengan cara memasukkannya ke dalam air susu. *





~ Garam juga bisa digunakan untuk membantu menghilangkan noda kunyit pada pakaian. Caranya, basahkan bagian baju yang terkena noda, taburkan garam di atasnya, biarkan sekitar 20-30 menit, baru dibilas hingga bersih.

~ Jika masakan Anda gosong dan tertinggal di bawah panci, untuk menghilangkan warna hitam bekas gosong, tuangkan coca-cola, biarkan semalam. Semua makanan yang gosong lengket di panci akan mengupas di pagi harinya (minimal dapat dengan mudah dicuci).


~ Jika sedang menggunakan mixer untuk membuat adonan kue, agar mangkok tidak bergerak-gerak dan bergeser, letakkan lap basah bersih di bawah mangkuk adonan yang tengah diaduk dengan mixer. 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar