Senin, 11 Januari 2010

Info DAGING

~ Daging Asap
Terdapat beberapa jenis daging asap yang dijual di pasar. Untuk resep kali ini, daging asap yang digunakan adalah daging asap kecil yang sudah berbumbu. Tapi Ibu bisa juga menggantinya dengan daging asap lebar tak berbumbu karena tetap memiliki rasa asin dan gurih.
Simpan daging asap yang tersisa dalam tempat yang tertutup rapat di lemari pendingin. Karena bila dibiarkan terbuka, daging asap akan berubah warna agak kehitaman dan mengeluarkan lendir. Bila hal ini terjadi, sebelum digunakan cukup disiram dengan air matang yang dingin. Merendam dengan air panas akan mengurangi cita rasa daging.

~ Lidah sapi empuk dengan parutan nanas
Untuk mematangkan lidah hingga empuk membutuhkan waktu merebus + 50 menit. Agar lebih menghemat waktu, Ibu bisa mencoba cara cepat berikut ini:
  • Cuci lidah hingga bersih.
  • Rendam lidah sebelum diolah didalam parutan nanas selama 30 menit.
  • Untuk 500 gr lidah, rendam dalam 100 gr parutan nanas (dari 1/4 buah nanas), angkat.
  • Masukkan lidah dalam air mendidih, lalu rebus. Lidah akan matang hanya dalam waktu 25 menit.

~ Memilih daging sapi cepat olah
Memasak daging tumis memerlukan jenis daging sapi yang cepat matang dan empuk. Maka pilihlah bagian daging yang tidak banyak ototnya, seperti bagian has luar atau has dalam. Tandanya, serat daging halus, teksturnya lembut dan empuk bila ditekan dengan jari.
Potong daging sapi melintang searah serat. Bumbu perendam akan meresap dalam 15 menit bila daging yang sudah dicampur bumbu perendam dimasukkan ke dalam freezer.


~ Mengolah daging kambing jadi nikmat
Gunakanlah bawang putih dan jahe saat mengolah daging kambing. Selain sebagai bumbu, bawang putih dan jahe bisa mengurangi bau daging kambing yang menyengat.
Cara menghilangkan bau daging kambing adalah sbb:
  • Bungkus daging yang sudah dilumuri jahe dan bawang putih dengan beberapa lembar daun salam yang sudah diremas, biarkan ± 15 menit.
  • Sebelum daun diangkat atau dipisahkan, remas lagi daging bersama daun salam, lalu buang daun salam. Daging kambing siap untuk diolah. Daging yang tidak segera diolah sebaiknya hindarkan dari percikan air dan simpan dalam suhu ruang. Bila sudah terlanjur kena air, sebaiknya segera rebus ± 20 menit, lalu tiriskan. Masukkan ke kantong plastik dan bekukan dalam freezer. Daging kambing akan tahan hingga 2 minggu. 
~ Agar bola-bola daging tidak pecah
Sering kali saat menggoreng bola-bola daging bentuknya jadi pecah, sehingga mengganggu penampilan saat disajikan. Karenanya perhatikan tips berikut ini:
  • Gunakan daging sapi has luar dan bersihkan serat-serat putihnya.
  • Setelah dibentuk bola-bola, masukkan dalam air mendidih. Jangan diaduk-aduk tapi biarkan sampai mengapung dan setelah 3 menit baru diangkat.
  • Tiriskan bola-bola daging rebus, diamkan sampai benar-benar kering dan kaku, lalu baru digoreng.
  • Untuk menghemat waktu, bola daging bisa dibuat satu hari sebelum-nya asalkan disimpan di lemari pendingin dalam wadah tertutup.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar