Senin, 04 Januari 2010

Bumbu : Rempah





Kemiri
Biji kemiri mengandung bahan beracun dengan kekuatan ringan. Karena itu sangat tidak dianjurkan mengonsumsi biji kemiri secara mentah. Penggunaan kemiri harus diawali dengan menyangrai (memanaskan tanpa minyak atau air) hingga biji hangat. Pemanasan akan menguraikan toksin.







Ketumbar & Lada
:: Penulis : Fatmah Bahalwan


Ketumbar dan Lada, adalah sama-sama keluarga bumbu rempah-rempah. Bentuknya sama, bulatan kecil.

Nah, perhatikan baik-baik deh ya! Lada atau disebut juga merica, bulatannya sedikit lebih keras dibanding ketumbar. Ada yang berwarna hitam dan ada juga yang berwarna putih. Konon, Lada yang hitam adalah lada yang masih asli dari pohonnya, sedangkan lada putih adalah Lada yang sudah melalui proses pengupasan. Dipasaran dunia Lada Hitam jauh lebih mahal dibanding Lada putih. Bila dipegang, terasa tekturnya agak keras.
Penggunaan lada yang paling sering di negri kita ini adalah dicampurkan kedalam bumbu halus. Saat ini banyak sekali dijual lada halus. Rasa lada agak pedas dan khas sekali. Bila tercium serbuk lada oleh kita, akan menyebabkan bersin-bersin karena sengatan pedasnya. Banyak sekali masakan Indonesia dan masakan dunia yang menggunakan lada, mulai dari sayur sop, dan berbagai macam gulai, dan lain-lain.
Ketumbar, meski sama-sama bulat kecil, tesktur fisiknya lebih lunak berserat kasar. Warna agak kecoklatan muda dan ringan sekali. Banyak sekali digunakan sebagai bumbu halus dalam berbagai masakan di dunia. Berbeda dengan lada yang bila terlalu banyak menggunakannya akan menyebabkan rasa pedas berlebih, ketumbar lebih banyak menghasilkan aroma wangi dan sedap.


 Buah Pala
Buah pala penting untuk dijadikan sebagai rempah.
Buah pala sebenarnya ialah biji pokok ini, dan berbentuk seakan-akan telur dengan ukuran 20-30 milimeter panjang dan 15-18 milimeter lebar,


Bunga pekak
Bunga Pekak, dikenal juga dengan nama Bunga Lawang, atau Star Anise, bentuknya persis bunga, mekrok, seperti bintang, cantik sekali. Sekali anda pegang pasti tercium aroma wanginya, dijamin pasti anda akan pegang dan cium sekali lagi sambil bergumam;”hmm….wangi sekali ya?!”.

Bunga Pekak merupakan salah satu wewangian rempah yang penggunaannya tidak perlu dihaluskan. Cemplungkan saja pada kuah gulai atau kari yang sedang dimasak, pasti gulai dan kari langsung meniupkan harum yang lebih tajam dan menggugah selera. Bunga Pekak paling sering ditanyakan pada saat kelas DimSum Kursus NCC. Karena memasak Angsioe Kaki Ayam, salah satu materi kursus, digunakan rempah ini.
Bunga Pekak mudah didapat dipasar tradisional maupun disupermarket. Katakan saja pada penjualnya “beli bunga pekak”, pasti langsung dilayani. Kebanyakan penjual bunga pekak sudah mengemas jualannya pada plastik-plastik tertutup rapat. Hal ini selalu dilakukan supaya keharumannya tetap terjaga.

Mengenali bumbu rempah, selain dari bentuk fisiknya, juga bisa dari aromanya, mengingat aroma rempah sangat beragam. Bila anda sudah terbiasa, dengan mata tertutup saja pasti anda akan dapat mengenali rempah apa saja yang disodorkan kehidung. Ingat jaman Pramuka, sering sekali diadakan quiz mengenali rempah-rempah dan bumbu dapur lainnya.(fb) 


Wijen
Wijen sudah sejak lama ditanam manusia untuk dimanfaatkan bijinya, bahkan termasuk tanaman minyak yang paling tua dikenal peradaban. Kegunaan utama adalah sebagai sumber minyak wijen. Bijinya yang berwarna putih digunakan sebagai penghias pada penganan, misalnya onde-onde, dengan menaburkannya di permukaan penganan tersebut.


Kapulaga
Kapulaga
:: Penulis : Fatmah Bahalwan


Ket Foto: Kapulaga Hijau (atas); Kapulaga Putih (Bawah, kanan)
Kapulaga adalah salah satu rempah yang paling banyak digunakan pada masakan negeri Timur Tengah dan India. Aromanya wangi dan sangat khas. Digunakan pada bumbu masakan gulai, kari dan lain-lain. Yang paling unik adalah aroma kapulaga pada kue Lapis Legit, wah kue yang memang sudah enak ini menjadi lebih wangi lagi karena adanya kapulaga. Ada lagi kebiasaan unik beberapa kalangan, yaitu mengunyah biji Kapulaga sebagai pewangi mulut.

Ada dua jenis Kapulaga yang paling banyak dikenal di negeri kita, yaitu Kapulaga Putih dan Kapulaga Hijau. Meskipun sesama Kapulaganya tapi kedua rempah ini memiliki aroma dan bentuk fisik berbeda. Sementara fungsinya tetap sama sebagai rempah bumbu gulai dan masakan lainnya.
Kapulaga Putih, bentuk fisiknya agak bulat dan ringan. Bijinya berwarna hitam, kulitnya putih kecoklatan.
Kapulaga Hijau, atau lebih popular dikenal dengan Kapol India, bentuknya panjang pipih segitiga. Aromanya lebih tajam dan wangi, dengan biji berwarna hitam dan kulit kehijauan. Dipasaran dunia, Kapulaga Hijau berharga jauh lebih mahal dibanding Kapulaga Putih.(fb).




Cengkeh
Cengkeh dapat digunakan sebagai bumbu, baik dalam bentuknya yang utuh atau sebagai bubuk. Bumbu ini digunakan di Eropa dan Asia. Terutama di Indonesia, cengkeh digunakan sebagai bahan rokok kretek.







Selasih
Selasih, tlasih, basil, atau basilikum (Ocimum) adalah segolongan terna yang dimanfaatkan daun, bunga, dan bijinya sebagai rempah-rempah serta penyegar (tonikum). Berbagai bagian tumbuhan ini berbau dan berasa khas, kadang-kadang langu, harum, atau manis, tergantung kultivarnya. Beberapa di antaranya bahkan dapat membuat mabuk. Beberapa jenis selasih, misalnya kemangi, berasal dari Asia Tenggara, namun sebagian besar dianggap berasal dari anak benua India.
Di Indonesia, selasih baru dikenal dari bijinya yang digunakan sebagai campuran minuman penyegar dan daunnya sebagai lalap segar (kemangi).

Jinten
Jintan dan Adas
:: Penulis : Fatmah Bahalwan


Ket Foto: Jintan (atas), Adas (bawah, kanan)
Weits, kalau nggak teliti susah lho membedakan kedua bumbu rempah ini. Karena bentuk fisiknya mirip banget, 

Serupa tapi tak sama. Kegunaanya juga mirip-mirip, buat bumbu rempah aneka masakan. Tapi kalau diperhatikan dengan seksama maka dalam tempo sesingkat-singkatnya anda pasti dengan mudah dapat membedakannya.

Adas, atau sering disebut Adas Manis, bulirannya lebih besar mirip bulir gabah padi. Aromanya khas, sering digunakan untuk campuran rempah Sarikaya, dan lai-lain. Oh iya, kalau orang jawa suka hafal sama aroma adas manis ini pada OBH (Obat Batuk Hitam), atau juga aroma minyak telon yang khas banget itu, karena memang kedua obat itu dibuat dari sari adas manis.

Jintan, sering orang menyebut Jinten Putih, bulirannya lebih halus dan kecil. Biasa digunakan untuk campuran bumbu gulai kambing, bumbu kari dan lain-lain.
Simpan kedua bumbu ini dalam wadah tertutup didapur, karena bila kena udara luar saat penyimpanan mudah sekali lapuk dan berjamur.



Kayu manis
Kulit manis atau lebih dikenal dengan nama yang kurang tepat kayu manis (Cinnamomum verum, synonym C. zeylanicum) ialah sejenis pohon penghasil rempah-rempah. Termasuk ke dalam jenis rempah-rempah yang amat beraroma, manis, dan pedas. Orang biasa menggunakan rempah-rempah ke dalam makanan yang dibakar manis, anggur panas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar